“KOLABORASI INTERNASIONAL” (Dosen PBA FTK UIN Mataram dan UPSI Malaysia Berdayakan Masyarakat Melalui Pengabdian)

Narmada – Rabu, 22 Mei 2024. Selepas kegiatan Internasional Team Teaching di Gedung Prodi PBA FTK UIN Mataram, Kaprodi dan segenap dosen beserta narasumber bergeser menuju arah Narmada untuk melakukan pengabdian masyarakat yang kali ini bertempat di Nurul Haramain Islamic Boarding School Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat – NTB.  Kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu kewajiban dosen dan jajaran Civitas Akademika yang ada perguruan tinggi, seperti yang tertuang dalam Tridarma Perguruan tinggi, yang menjadi pedoman bagi perguruan tinggi dalam melakukan tugas dan fungsinya. Dengan tiga pilar yang terdapat di dalamnya yakni

  1. Pendidikan dan pengajaran
  2. Penelitian dan
  3. Pengabdian masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat ini mencerminkan peran perguruan tinggi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat melalui berbagai program pengabdian yang relevan dengan potensi dan kebutuhan masyarakat. Melihat kondisi dan kebutuhan madrasah di era digital seperti saat ini, Kaprodi dan jajaran dosen sepakat untuk mengangkat tema “Pemanfaatan Media Digital Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah”

Ponpes Nurul Haramain NWDI sangat relevan sebagai lokasi pengabdian. bukan tanpa alasan, melainkan melihat potensi pengembangan dan transformasi model dan metode pendidikan serta penggunaan media atau perangkat dalam proses pembelajaran sudah tidak lagi tradisional, modernisasi pembelajaran yang ada di pondok ini menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Seperti penyesuaian kurikulum, penggunaan media, metode dan strategi pembelajaran yang relevan di era digital seperti saat ini, sehingga pondok pesantren merupakan salah satu pondok modern. Itu mengapa setelah berdiskusi, kami dari Prodi sepakat untuk memilih lokasi pengabdian di pondok ini sekaligus nantinya kami akan menjalin kerjasama atau penandatanganan MOU antara PBA FYK UIN Mataram dengan pihak pondok pesantren Nurul Haramain NWDI. (Ujar M. Syarifuddin, M.Pd. Sekprodi PBA FTK UIN Mataram, Pada Rabu 22 Mei 2024)

Kegiatan ini di mulai sekitar pukul 10:00 WITA di pondok Putri II dan bertempat salah satu ruang kelas. Seperti kegiatan pada umumnya, yang di buka dengan pembacaan kalam ilahi oleh salah satu mahasiswa prodi PBA yakni M. Izzul Islam, dilanjutkan dengan sambutan pertama dari pihak PBA FTK UIN Mataram Ibu Dr. Erma Suriani, M.S.I. (Kaprodi PBA FTK UIN Mataram) dalam sambutannya beliau mengucapkan banyak terimakasih karena sudah menerima kehadiran rombongan kami, serta secara sukarela menjadi salah satu faktor susksesnya kegiatan pengabdian masyarakat kali ini. (Ujar Dr. Erma Suriani, M.S.I), selanjutnya sambutan dari pihak ponpes selaku tuan rumah yang disampaikan langsung oleh wakil pimpinan ponpes yakni TGKH. Khairi Habibullah, S.Ag. dalam sambutannya, beliau mengucapkan terimakasih pula kepada segenap rombongan kegiatan pengabdian kolaborasi dua kampus, yakni dari PBA UIN Mataram dan dari UPSI Malaysia. Kami merasa sangat terhormat dengan kedatangan antum semua, beliau menggunakan bahasa arab dalam sambutannya saat itu. Lanjut beliau “Minal an Fasha Idan, Nakunu Lana Usratan” yang artinya “Sejak Saat Ini Sampai Seterusnya Kita Menjadi Keluarga”.

“Sambutan hangat tersebut membuat kami merasa sangat nyaman dalam berkegiatan dan berdiskusi denga pemateri serta santriwati kelas 2 aliyah dan beberapa delegasi mahasiswa PBA UIN Mataram”. Ujar Suparmanto, M.Pd. (Dosen PBA FTK UIN Mataram). Dan sesi pembukaan acara diakhiri dengan penyerahan cenderamata

oleh Kaprodi PBA UIN Mataram dan sekaligus penandatanganan MOU Kerjasama antara PBA FTK UIN Mataram dan Pihak Ponpes Nurul Haramain NWDI.

Baca juga artikel menarik lainnya di sini“Internasional Team Teaching” PBA FTK UIN Mataram Hadirkan Pembicara Dari UPSI Malaysia

Kegiatan kemudian berlanjut ke sesi Penyampaian materi Oleh Dr. Mazarul Hassan Mohamed Hanafi (Dosen UPSI Malaysia) Selaku Narasumber Inti pada kegiatan ini. Dalam pemaparannya terdapat tiga poin yang menjadi intisari dari penyampaian beliau Terkait “Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah” sebagai berikut:

  1. Pemanfaatan Platform Online dalam Pembelajaran: Madrasah dapat menggunakan platform pembelajaran digital untuk memberikan materi Bahasa Arab yang lebih interaktif dan komprehensif kepada para siswa. Ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dan membantu mereka belajar Bahasa Arab secara independen.
  2. Pengembangan Aplikasi Edukasi Bahasa Arab: Madrasah dapat menciptakan aplikasi khusus yang menawarkan materi pembelajaran Bahasa Arab yang menarik dan mudah dipahami. Aplikasi ini dapat menyediakan berbagai fitur seperti kamus digital, latihan interaktif, dan tes mandiri untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari Bahasa Arab.
  3. Pelatihan Guru dalam Penggunaan Teknologi Digital: Penting untuk memberikan pelatihan kepada guru Bahasa Arab di Madrasah untuk menggunakan teknologi digital dalam proses pembelajaran. Dengan meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi ini, mereka dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan efektif bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah. Ujarnya.  

Setelah penyampaian materi berakhir, Forum beralih ke sesi diskusi (Sharing Season). Sesi diskusi berjalan sangat interaktif dimana peserta atau audient memberikan pertanyaan seputar tema yang dibahas dan pertanyaan – pertanyaan seputar bagaimana prosedur jika ingin melanjutkan studi ke kampus UIN Mataram atau Ke UPSI Malaysia. Salah satunya oleh santriwati yang bertanya tentang “Bagaimana Strategi Dalam Pemerataan Kualitas Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Elektronik Bagi Sekolah Atau Madrasah Yang Tidak Memiliki Fasilitas Atau Media Elektronik?” (Ujar Salsabila). Setelah pertanyaan dijawab dan di diskusikan bersama, kegiatan pengabdian masyarakat Kolaborasi Internasional antara PBA FTK UIN Mataram dan UPSI Malaysia di Ponpes Nurul Harmain di akhiri dengan sesi foto bersama.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top