“Praktikum Dorong Mahasiswa terampil: Solusi Efektif untuk Meningkatkan Maharah Kalam”

Lombok Barat – Jumat, 24 Mei 2024. Kegiatan Praktikum Menjadi salah satu rutinitas  perkuliahan di setiap semesternya terkhusus yang terdapat di program studi pendidikan Bahasa Arab FTK UIN Mataram. Selain merupakan salah satu matakuliah wajib. keberadaan praktikum ini menjadi salah satu bentuk implementasi dari program kampus merdeka, atau MBKM. Dalam praktinya, dosen pengampu matakuliah praktikum dan bebrapa dosen mendampingi mahasiswa dalam melaksanakan praktikum – praktikum yang ada, dan bertempat di pondok pesantren, madrasah, atau sekolah yang mengembangkan dan mengajarkan Bahasa Arab.

Pelaksanaan Praktikum maharah kalam bagi mahasiswa semester II Prodi PBA FTK UIN Mataram kali ini bertempat di Salah satu pondok pesantren Modern Al Kasyif. Kediri lombok barat.

Dalam suasana yang penuh semangat, mahasiswa mengikuti serangkaian kegiatan praktikum yang dirancang dengan cermat. Melalui pendekatan yang terstruktur, mereka diajak untuk melewati berbagai tahapan yang dirancang untuk mengasah kemampuan kalam mereka.

Menurut Ustadz Muhammad, salah satu pengajar di Pondok Pesantren Al Kasyif, praktikum ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang telah dipelajari di kelas. “Kami ingin melihat kemajuan langsung dalam kemampuan berbicara mereka setelah mengikuti praktikum ini,” ungkapnya.

Praktikum tersebut melibatkan serangkaian aktivitas, mulai dari diskusi kelompok, permainan peran, hingga simulasi situasi komunikasi nyata. Melalui beragam metode ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan kemampuan berbicara mereka dalam berbagai konteks dan situasi.

Salah satu mahasiswi, Maulina Fitria Ningrum, menyatakan bahwa kegiatan praktikum ini sangat membantu dalam meningkatkan rasa percaya dirinya dalam berbicara. “Saya merasa lebih percaya diri dan mampu mengungkapkan ide-ide saya dengan lebih jelas setelah mengikuti praktikum ini,” katanya dengan antusias.

Dengan adanya kegiatan praktikum Maharah Kalam ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi komunikasi di masa depan. Hal ini merupakan langkah progresif dalam mempersiapkan generasi muda untuk menjadi pembicara yang kompeten dan berkualitas. Praktikum Maharah Kalam bukan hanya tentang memahami teori-teori linguistik, tetapi juga tentang penerapannya dalam situasi dunia nyata. Melalui pendekatan praktis ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi mereka dengan lebih baik. Ujar (M. Sholihin, M.Pd. salah satu staf akdemik  prodi PBA. Yang mendampingi kegiatan praktikum ini).

Kegiatan praktikum dimulai dengan sesi diskusi kelompok, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk berbagi pemikiran dan pengalaman mereka tentang topik-topik yang relevan. Diskusi ini tidak hanya membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan berbicara, tetapi juga keterampilan mendengarkan dan berkolaborasi. Selanjutnya, mahasiswa terlibat dalam permainan peran di mana mereka harus mengambil peran sebagai berbagai karakter dalam situasi komunikasi yang berbeda. Hal ini membantu mereka untuk mempraktikkan berbagai gaya komunikasi dan mengeksplorasi cara berbicara yang efektif dalam berbagai konteks.

Simulasi situasi komunikasi nyata juga merupakan bagian penting dari praktikum ini. Mahasiswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan keterampilan berbicara mereka dalam situasi yang mirip dengan yang akan mereka hadapi di dunia nyata, seperti presentasi, debat, dan berbagai interaksi sosial.

Baca artikel menarik lainnya di sini “KOLABORASI INTERNASIONAL” (Dosen PBA FTK UIN Mataram dan UPSI Malaysia Berdayakan Masyarakat Melalui Pengabdian)

Praktikum Maharah Kalam ini bukan hanya tentang meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa saat ini, tetapi juga persiapan untuk masa depan yang lebih berbicara. Kemampuan berbicara yang baik sangat penting dalam berbagai bidang pekerjaan dan profesi. Dengan mengikuti praktikum ini, mahasiswa akan memiliki keunggulan kompetitif dalam dunia kerja di mana kemampuan berbicara yang baik sangat dihargai. Mereka akan lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan rekan kerja, atasan, yang akan membantu mereka untuk mencapai kesuksesan dalam karir mereka. Selain itu, kemampuan berbicara yang baik juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa yang mampu berbicara dengan jelas dan percaya diri akan lebih mampu untuk mempengaruhi orang lain, menjalin hubungan yang baik, dan mencapai tujuan mereka dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka. Ungkap. M. Syarifuddin, M.Pd. (Sekprodi, PBA)

Praktikum Maharah Kalam di Pondok Pesantren Al Kasyif merupakan langkah progresif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa. Melalui pendekatan praktis yang terstruktur, mahasiswa diberi kesempatan untuk mempraktikkan dan mengembangkan kemampuan berbicara mereka dalam berbagai konteks dan situasi. Diharapkan bahwa melalui praktikum ini, mahasiswa akan menjadi ahli berbicara yang percaya diri dan berkualitas, siap untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top