Mataram-Selasa 21 Mei 2024. Sebagai rangkaian dari kegiatan akademik “Guest lecture” Atau kuliah tamu, yang di selenggarakan oleh program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, yang di hadiri oleh Prof. Dr. Nordin Bin Mamat Salah satu Dosen Dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia. Kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi, Sekprodi Mahasiswa dan beberapa dosen yang berkesempatan hadir.
Kegiatan tersebut dimulai pukul 13.30 Siang, dan bertempat di ruang sidang FTK UIN Mataram, Dengan Tema “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital untuk Tumbuh Kembang Anak”, kegiatan dibuka dengan sambutan dan ucapan selamat datang oleh Kaprodi PBA Ibu Dr. Erma Suriani, M. S. I. Kemudian dilanjutkan dengan Penyampaian materi oleh narasumber, dengan sangat interaktif, dimana antara Audiens dengan pemateri, saling bertukar pikiran, dan berdiskusi seputar tema yang dibahas. Prof. Nordin selaku narasumber selain menjadi barometer dalam pemecahan masalah seputar Strategi pembelajaran yang efektif, transformatif, dan inovatif serta yang relevan dengan era digital saat ini, terkhusus dalam pembelajaran bahasa Arab untuk non-arab di era digital seperti saat ini.
Dalam penyampaiannya, Prof Nordin menekankan Pentingnya penggunaan strategi, metode dan media pembelajaran yang relevan dengan kondisi zaman, Mengingat generasi saat ini adalah generasi modern, Generasi yang tidak dapat terpisahkan dengan teknologi, dan hal tersebut sangat berbeda dengan kondisi zaman dulu ketika, saya kalian dan kita semua pada tahap tumbuh kembang, Dalam proses pembelajaran keberadaan strategi merupakan hal yang sangat fundamental, atau mendasar. Adapun terdapat 5 Steps to teach learning Strategies. Yakni: Model, Explain, Give example, Fide, and Individualize. Contoh kecilnya adalah, menggunakan atau memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan memudahkan siswa memahami pelajarannya. Dengan teknologi Kita bisa membuat video animasi seperti film Upin dan Ipin yang menyesuaikan dengan materi dan kurikulum pembelajaran yang ada. Keberhasilan tumbuh kembang anak tergantung pada bagaimana lingkungan membentuknya, anak-anak masih sangat labil dan cenderung meniru apapun yang mereka dengar, saksikan dan Konten-konten yang menjadi tontonan mereka. Nah kita sebagai guru haruslah pandai membaca situasi seperti ini, Guru haruslah paham dan mengerti kebutuhan, kesenangan dan kecenderungan anak didiknya. (Lanjut Prof, nordin)
Terlihat, Audiens sangat antusias dalam menyimak materi yang beliau sampaikan, Prof nordin juga langsung mempraktikkan bagaimana strategi ketika anak didik mulai mengantuk dan tidak fokus dalam menyimak pelajaran, pertama beliau mengajak semua audiens untuk berdiri dan membuat yel yel sederhana agar ketika pembelajaran berlangsung siswa atau anak didik tidak mudah jenuh selama proses pembelajaran berlangsung.
Selain Itu, kegiatan ini juga menjadi momentum bagi Prodi pendidikan Bahasa Arab FTK UIN Mataram untuk bermitra dan menjalin sama. Dengan UPSI Malaysia, sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran di program studi PBA UIN Mataram, yang di kukuhkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan, dan perjanjian kerjasama. Oleh Kaprodi PBA Ibu Dr. Erma Suriani M.S.I. dan Prof. Dr. Nordin Bin Mamat.
Prodi PBA FTK UIN Mataram berharap dengan adanya kerjasama tersebut, hubungan antara UPSI dengan PBA UIN Mataram dapat memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital dengan segala bentuk peluang dan tantangannya, terkhusus pada pembaljaran yang ada di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. (Ujar Kaprodi PBA dalam Closing Statementnya). yang kemudian kegiatan di akhiri dengan sesi Foto Bersama.
Baca Juga artikel menarik lainnya di sini PBA UIN Mataram Gandeng PBA UN Jakarta Adakan Seminar Internasional