Prodi PBA Ikuti FGD Penyusunan dan Penerbitan Pedoman Praktikum

Satu hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan program studi adalah praktikum mahasiswa. Setiap program studi di FTK UIN Mataram memiliki mata kuliah praktikum hingga sepuluh mata kuliah. Untuk kelancaran kegiatan praktikum yang banyak ini tentunya harus memiliki pedoman yang jelas sehingga dapat berjalan lancar. Hari ini, Sabtu, 23/10/2021 Program Studi PBA mengikuti FGD Penyusunan dan Penerbitan Buku Pedoman Praktikum yang diadakan oleh FTK UIN Mataram. Kegiatan ini difokuskan pada dua hal yaitu penyusunan dan penerbitan buku pedoman praktikum dan pengelolaan laboratorium dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Suhirman, M.Si. dan Dr. Wildan, M.Pd. Kegiatan diikuti unsur pimpinan FTK dan perwakilan tim seluruh program studi di lingkup FTK.

Kegiatan diawali dengan sambutan Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Jumarim, M.H.I. Dalam sambutannya, Dekan FTK menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memfasilitasi setiap prodi pada dua hal yaitu: penyusunan dan penerbitan buku pedoman praktikum dan pengelolaan laboratorium. Narasumber kegiatan ini adalah pakar yang berpengalaman sesuai dengan tema kegiatan serta termasuk SDM yang sudah berpengalaman di UIN Mataram. Selain itu, Dekan FTK juga menyampaikan bahwa selama kita sudah mengadakan praktikum namun terkadang tidak sesuai dengan pedoman sehingga perlu adanya penyusunan pedoman sehingga kegiatan-kegiatan praktikum lebih terarah. Pada akhir sambutannya, Dekan FTK mengharap arahan dari Rektor yang diwakili oleh WR 1 sekaligus membuka acara secara resmi.

Acara dilanjutkan dengan arahan sekaligus membuka acar secara resmi oleh Rektor yang diwakili WR 1, Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag. Sebelum membuka acara, WR 1 menyampaikan beberapa hal terkait dengan gambaran SDM UIN Mataram. “Peningkatan kapasitas SDM dosen UIN Mataram menjadi konsen kita misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan akselerasi penjengan karir dosen” ungkap WR 1. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa tradisi publikasi dosen tidak boleh terganggu dengan jabatan structural di kampus. Oleh karena itu setiap dosen perlu memiliki repository untuk memudahkan pelacakan karya-karya dosen. Sebelum mengakhiri sambutannya, WR 1 mengingatkan tridarma penelitian dan pengabdian dosen tidak boleh kendor. Warning ini disampaikan karena hingga batas pengajuan proposal penelitian dan pengabdian, proposal yang masuk masih jauh dari harapan. “Perpanjangan waktu pengusulan penelitian dan pengabdian menjadi indikator kendornya pelaksanaan tridarma penelitian dan pengabdian dosen” ungkap WR bidang akademik ini sebelum akhirnya membuka kegiatan secara resmi. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dua narasumber kegiatan Prof. Dr. Suhirman, M.Si. dan Dr. Wildan, M.Pd. yang dimoderatori oleh WD 1 FTK UIN Mataram, Dr. Saparuddin, M.Ag.

Dalam kegiatan ini disepakati keseragaman format pedoman umum semua mata kuliah praktikum untuk seluruh program studi di lingkungan FTK UIN Mataram. FTK_UIN Mataram jaya selalu menuju world class university. (Ak)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top