Prodi PBA FTK UIN Mataram “Siapkan Kompetensi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir”

Bayan, KLU – Senin, 27 Mei 2024. Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi kepada mahasiswa, khususnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Salah satu langkah inovatif yang baru-baru ini diambil oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Mataram adalah mengadakan kegiatan praktikum Kitabah di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU). Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk memberikan bekal kepada mahasiswa, dalam menyelesaikan tugas akhir mereka, sekaligus memberikan pengalaman nyata dalam dunia keilmuan dan keagamaan. Pada praktikum kitabah kali ini diikuti oleh mahasiswa semester IV dimana Prodi PBA FTK UIN Mataram Bekerjasama dengan Pondok Pesantren Nurul Bayan. Bayan Kab. Lombok Utara.

“Ponpes Nurul Bayan dipilih sebagai lokasi praktikum Kitabah karena pondok pesantren ini memiliki reputasi yang kuat dalam memadukan pendidikan agama dengan pendidikan umum. Selain itu, Ponpes Nurul Bayan juga terkenal sebagai pusat kegiatan dakwah dan pembelajaran Islam khususnya dalam pembelajaran bahasa dan sastra arab yang berpengaruh di wilayah Lombok Utara. Kolaborasi antara Prodi PBA UIN Mataram dan Ponpes Nurul Bayan diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak serta memperkaya pengalaman belajar bagi mahasiswa.” Ungkap Wirawan Jamhuri, M.Pd. (Dosen pengampu Matakuliah Praktikum Kitabah)

Kegiatan dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi oleh Lalu Izzul Islami (mahasiswa Prodi PBA) kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan ucapan tahniah dari kedua belah pihak yakni Dr. Erma Suriani, M.S.I, selaku Kaprodi PBA FTK UIN Mataram, dalam sambutannya beliau mengucapkan “terimakasih yang setinggi – tingginya kepada pihak pondok pesantren pembina dam segenap pengurus yang sudah menyambut kami dengan sangat ramah, baik dan terbuka, kami merasakan kenyamanan dan keteduhan sejak kami mulai menginjakkan kaki di tempat yang sangat barakah ini dan kami sangat mengapresiasi hal tersebut. Kemudian saya mewakili segenap rombongan, Dosen dan mahasiswa apabila nantinya dari kunjungan kami ini terdapat hal – hal yang dirasa kurang berkenan, dengan segala kerendahan hati kami memohon maaf sebesar besarnya, karena sejatinya kegiatan ini ditujukan untuk pembelajaran dan sebagai upaya kami untuk memberdayakan dan membekali mahasiswa semester IV saat ini untuk menghadapi tugas akhir mereka”. Ungkapnya.  Lanjut Dr. Erma Suriani, M.S.I. “Praktikum Kitabah merupakan sebuah kegiatan dan menjadi salah satu matakuliah yang bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam menulis karya ilmiah berbahasa Arab. Mahasiswa akan diajak untuk mengembangkan keterampilan menulis mereka, serta memahami struktur dan format penulisan karya ilmiah yang benar. Dengan demikian, harapan kami bagaimana agar praktikum ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis dalam menulis, tetapi juga mengasah kemampuan analisis, sintesis, dan argumentasi mahasiswa.”

Kemudian dari pihak tuan rumah sambutan disampaikan langsung oleh pembina sekaligus pendiri Pondok Pesantren yaitu K.H. Abdul Karim Abdul Gafur. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada segenap civitas akademika yang ada di Prodi PBA UIN Mataram terkhusus kepada Kaprodi yang sudah memilih dan mempercayai kami sebagai tempat untuk melangsungkan kegiatan praktikum ini, “kami merasa sangat terhormat atas kepercayaan yang diberikan, Insyallah nantinya pada sesi penyampaian materi kami sudah siapkan beberapa pemateri yang sudah kompeten di bidangnya, salah satunya Koordinator Asatidz di pondok ini yang merupakan alumni magister Universitas Darussalam Gontor. Dan semoga nantinya apa yang disampaikan oleh para pemateri dapat memberikan manfaat, pengetahuan, dan wawasan baru para mahasiswa serta menjadi bekal dalam menyelesaikan tugas akhir nantinya”. Ujar beliau. Setelah penyampaian dari kedua belah pihak, acara pembukaan ditutup dengan penendatangan MOU dan sesi foto bersama, kemudian kegiatan dilanjutkan ke sesi penyampaian materi.

Baca artikel menarik lainnya di sini“Langkah Progresif” PBA UIN Mataram Siapkan Kompetensi Qiraah Mahasiswa Melalui Kegiatan Praktikum

Kegiatan praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan dilaksanakan dalam beberapa tahap. Tahap pertama adalah pengenalan terhadap sejarah dan konsep dasar penulisan karya ilmiah berbahasa Arab. Mahasiswa diberikan pemahaman tentang struktur penulisan karya ilmiah, serta pentingnya menyusun kerangka pemikiran yang jelas dan sistematis. Mereka juga diajak untuk memahami peran dan tujuan dari praktikum Kitabah ini dalam mendukung proses pembelajaran mereka. Setelah pemahaman dasar terbentuk, mahasiswa kemudian diberikan kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses penulisan karya ilmiah. Mereka diberi topik-topik yang relevan dengan konteks kehidupan masyarakat setempat, sehingga dapat menggali potensi penelitian yang ada di sekitar mereka. Dengan bimbingan dari dosen pembimbing dan para pemateri dari Ponpes Nurul Bayan, mahasiswa mulai menyusun kerangka pemikiran, mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan menyusun tulisan akademiknya.

Salah satu keunggulan dari praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan adalah adanya pendampingan yang intensif dari para pengasuh pondok pesantren. Para ustadz dan kyai yang berpengalaman dalam bidang agama dan keilmuan memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa dalam menyusun tulisan mereka. Mereka juga turut membantu mahasiswa dalam memahami konteks sosial dan budaya masyarakat setempat, sehingga tulisan yang dihasilkan dapat lebih relevan dan bermanfaat bagi pembaca. Selain memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi mahasiswa, kegiatan praktikum Kitabah ini juga memberikan manfaat bagi Ponpes Nurul Bayan itu sendiri. Dengan adanya kehadiran mahasiswa PBA UIN Mataram, pondok pesantren ini menjadi semakin hidup dan berkembang sebagai pusat pendidikan dan dakwah. Mahasiswa membantu mengisi kegiatan-kegiatan keagamaan dan kebudayaan yang diselenggarakan di pondok pesantren, sehingga tercipta suasana belajar yang lebih dinamis dan interaktif.

Kolaborasi antara Prodi PBA UIN Mataram dan Ponpes Nurul Bayan diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak. Selain meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa, kolaborasi ini juga dapat membuka peluang untuk kerjasama lebih lanjut dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum. Dengan demikian, UIN Mataram dan Ponpes Nurul Bayan dapat bersama-sama menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Syarifuddin, M.Pd., Sekprodi PBA UIN Mataram, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen prodi dalam menghadirkan pembelajaran yang relevan dan berorientasi pada kebutuhan mahasiswa. “Praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kelas ke dunia nyata,” ujarnya.

Sementara itu, K.H. Abdul Karim Abdul Gafur, pengasuh Ponpes Nurul Bayan, mengapresiasi langkah inovatif Prodi PBA UIN Mataram. Menurutnya, kerjasama antara perguruan tinggi dan pondok pesantren sangat penting untuk memperkuat pendidikan keagamaan dan keilmuan di Indonesia. “Kami menyambut baik kegiatan ini dan berharap dapat terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada.” tuturnya.

Diharapkan, melalui kegiatan praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan, mahasiswa PBA UIN Mataram dapat menjadi agen perubahan yang mampu mengintegrasikan ilmu agama, keilmuan, dan pengabdian kepada masyarakat secara holistik. Dengan pengalaman yang didapat dari praktikum ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah yang berkualitas serta menjadi pemimpin yang mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. lanjut beliau.

Selain itu, keberadaan mahasiswa Prodi PBA UIN Mataram di Ponpes Nurul Bayan juga diharapkan dapat memperkuat ikatan antara dunia akademis dengan masyarakat luas, khususnya dalam konteks pendidikan agama. Mahasiswa tidak hanya belajar dari dosen dan ustadz, tetapi juga dari interaksi dan pengalaman langsung dengan santri dan lingkungan pesantren. Hal ini membuka peluang bagi mahasiswa untuk lebih memahami realitas sosial dan kebutuhan masyarakat, serta mengembangkan sikap empati dan kepedulian terhadap permasalahan yang ada.

“Kegiatan praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan juga dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam memperkuat keterkaitan antara teori dan praktik, serta antara pendidikan formal dan non-formal. Kolaborasi antara Prodi PBA UIN Mataram dan Ponpes Nurul Bayan membuktikan bahwa pendidikan dapat menjadi alat untuk membangun jaringan yang kuat antara berbagai lembaga dan komunitas, demi meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan di Indonesia”. Ungkap Ustadz Syahidu salah satu pengajar di Ponpes Nurul bayan.

Selain itu, langkah inovatif seperti praktikum Kitabah juga merupakan upaya untuk menjawab tuntutan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. Mahasiswa tidak hanya perlu memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga keterampilan yang relevan dan mampu menghadapi tantangan yang ada. Dengan mengintegrasikan pendidikan formal dengan pengalaman praktis di lapangan, seperti yang dilakukan melalui praktikum Kitabah di Ponpes Nurul Bayan, diharapkan mahasiswa dapat menjadi lulusan yang siap bersaing dan berkontribusi dalam masyarakat dan dunia kerja nantinya. Lanjut beliau.

Salah seorang mahasiswa Muna Hilmi Irsyad selaku moderator dalam sesi diskusi mengatakan “saya merasa sangat senang dan antusias mengikuti perkuliah di luar kampus atau praktikum kali ini, begitu banyak ilmu dan pengetahuan baru seputar penulisan karya ilmiah berbahasa arab yang saya dapatkan tentunya sebagai bekal dalam menyusun karya ilmiah sebagai tugas akhir nantinya, banyak sekali wawasan maupun gambaran bagaimana kedepannya saya dan teman – teman akan berjibaku menghadapi dan menyelesaikan tugas akhir kami nantinya, dan saya mewakili teman – teman mahasiswa semeter IV Mengucapkan terimaksid kepada Kaprodi yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan ini, dan keapda pihak pondok pesantren yang sudah menghadirkan kepada kami pemateri yang sangat kompeten untu menyampaikan seputar maharah kitabah,” ungkapnya dengan sangat antusias

Sebagai institusi pendidikan, UIN Mataram terus berupaya untuk mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Langkah-langkah seperti kolaborasi dengan Ponpes Nurul Bayan merupakan salah satu wujud dari komitmen tersebut. Diharapkan, melalui upaya-upaya seperti ini, UIN Mataram dapat terus menjadi lembaga yang menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, khususnya dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab, dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Setelah sesi penyampaian materi dan diskusi berakhir mahasiswa dan segenap pemateri serta Dosen pendamping melanjutkan ke sesi foto bersama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top